14
Mei
08

Kejati Sumbar Kandangkan 35 Tersangka Korupsi

Hand-cuff1PADANG—Sepanjang Januari – April 2008, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar berhasil menangani 22 kasus tindak pidana korupsi dan 35 tersangka. Keseluruhannya (tersangka) pun dikenakan penahanan. ” Penahanan ke semua tersangka tersebut sudah merupakan komitmen kita dari pihak Kejati. Sebab kalau tidak ditahan, bisa-bisa mereka mempersulit penyidikan. Misalnya; mempengaruhi saksi lain, menghilangkan barang bukti atau kabur,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar, Winerdy Darwis SH MH kepada Pers, Rabu (14/5/2008 ).

Disebutkan Winerdy, keberhasilan ini berkat kerja sama dan ketekunan jajaran Kejati Sumbar mengemban instruksi Kejaksaan Agung RI. Khususnya soal percepatan penindakan tindak pidana korupsi.

” Kami punya prinsip, kalau kasus itu sudah masuk tahap penyidikan (dik), diharamkan untuk tidak naik (sampai ke persidangan),” katanya.

Misalnya, tambah Winerdy, di Kejari Payakumbuh. Dari 6 kasus masuk penyelidikan (lid) hanya 2 kasus yang bisa lanjut ke penyidikan (dik). ” Empat yang tertinggal saya minta ulangi. Dalam artian, dilakukan penyempurnaan. Targetnya, dapat dinaikkan ke tahap penyidikan. Kalau bisa, di tahun ini juga,” ucapnya.

Kasus-kasus yang termasuk dalam ke 35 kasus tersebut; 3 kasus di Kejati Sumbar (7 tersangka), 2 kasus di Kejari Payakumbuh (4 tersangka), 2 kasus di Kejari Painan (3 tersangka), 1 kasus di Kejari Sawahlunto (3 tersangka), 2 kasus di Kejari Sijunjung (5 tersangka), 1 kasus di Kejari Lubuk Sikaping (1 tersangka), 3 kasus di Kejari Solok (3 tersangka), 3 kasus Kejari Tua Pejat (4 tersangka), 2 kasus di Kejari Pariaman (2 tersangka), 1 kasus di Kejari Lubuk Basung (1 tersangka), 1 kasus di Cabjari Solok di Alahan Panjang (1 tersangka), 1 kasus di Cabjari Solok di Muara Labuh (1 tersangka).

Untuk informasi terbaru, papar Winerdy, tanggal 9 Mei 2008 lalu, satu kasus di Pasaman Barat masuk tahap penyidikan (dik). Yaitu; kasus Proyek Pembangunan 5 unit jembatan tahun 2007 dilakukan pihak Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Sekadar catatan, dibanding tahun 2007, kinerja Kejaksaan Tinggi Sumbar dalam menindak pelaku tindak korupsi cukup memuaskan. Data penindakan justru naik (menanjak). Karena, dari 13 Kejari dan 8 Cabjari hanya mampu menindak 25 kasus.(tos)


0 Responses to “Kejati Sumbar Kandangkan 35 Tersangka Korupsi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: