12
Mei
08

Isu Serangan Ulang Cekam Warga Muaro Pingai

Korban muaro pingaiPADANG—Hingga Kamis (8/5/2008 ), ketakutan masih menghantui warga Nagari Muaro Pingai Kabupaten Solok. Pasca bentrok antar Nagari Kamis 20 April 2008, ratusan warga masih berdiam di daerah pengungsian (Nagari Paninggahan). Pasalnya, sebuah isu baru merebak. Warga Saniang Bakar segera menyerang ulang.

Hal ini terkuak dari pertemuan 12 utusan warga Muaro Pingai dengan jajaran Polda Sumbar, Kamis siang. Dihadapan Kapolda Sumbar Brigjend Ino Suripno, utusan tadi menceritakan perihal ketakutan mereka.

“Rata-rata kami masih takut pulang, Pak. Isu menakutkan nyaris muncul tiap hari. Ada kabar serangan ulang dilakukan pihak Saning Bakar pada Sabtu esok. Yang paling menakutkan; delapan tokoh masyarakat kami bakal diculik dan dibunuh, “ papar Don, perwakilan pemuda (BMN) Nagari Muaro Pingai.

Bertahan dipengungsian, katanya, merupakan salah satu cara antisipasi keamanan dan keselamatan. “ Bayangkan saja Pak. Kalau dihitung kekuatan, kami jelas tidak dapat berkutik menghadapi serangan tersebut. Muaro Pingai yang kecil dan berpenduduk sekitar 400 KK jelas tidak kuasa membendung serangan masyarakat Saniang Baka berpenduduk tiga empat lipat. Ibarat kelinci yang diserang Gajah,” lirih Don disertai anggukan kepala dari H Irfianda Abidin dari MTKAAM—selaku pendamping warga Muaro Pingai dalam pertemuan bersama jajaran Polda Sumbar. Satu lagi, tambahnya, kami sangat butuh perlindungan. Jangan biarkan Nagari kami kembali dihancurkan pihak saning Bakar.

Masih Siaga

Menjawab pengaduan utusan masyarakat tadi, Kapolda Sumbar Brigjend Ino Suripno menghimbau supaya jangan terlalu percaya terhadap isu. “ Saya harap, bapak dan para warga lain di Muaro Pingai supaya jangan terlalu terprovokasi oleh isu. Itu bisa saja sebuah bentuk teror dihembuskan pihak-pihak tidak bertanggung jawab,” kata Ino.

Namun, tambahnya, kalau memang benar ada gelagat seperti itu, silakan laporkan. Baik itu ke Polsek/Polres atau langsung ke Kapolda. “ Yakinlah, polisi akan siap membantu siapa saja warganya yang membutuhkan. Untuk diketahui, sekitar 124 personil kita masih terus disiagakan di sana,” tandas Ino.(tos)


0 Responses to “Isu Serangan Ulang Cekam Warga Muaro Pingai”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: