30
Apr
08

Masih Ada Anak Belum Tersentuh Pendidikan di Sumbar

20070131201509-JKT1- Becek BKT - Ton3PADANG—Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) Drs Burhasman Bur MM mengatakan, di Sumatera Barat masih ada anak-anak usia sekolah yang belum tersentuh pendidikan. Ini dibuktikan dengan pencapaian Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) yang belum merata per daerahnya.

Dari data terhimpun di Sumbar, APK mencapai 93,90 persen dan APM 73,01 persen. Tapi setelah dilihat per daerah (19 Kabupaten/Kota), pencapaian tadi berselisih jauh. Ada menonjol, juga ada yang minim. Ini membuktikan dibeberapa daerah masih ada APK-nya dibawah rata-rata.

” Ihwal ini dijadikan dasar perlunya pelaksanaan Workshop Sosialisasi Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun,” kata Busharman Bur dalam pembukaan pelaksanaan Workshop di Gedung LPMP Universitas Negeri Padang, Sabtu (26/4).

Disebutkan Busharman, di tahun 2008, dari 19 persen total anggaran bidang pendidikan di APBD Sumbar; 30 persennya diplot untuk program Wajib Belajar 9 Tahun. Selebihnya dibagi ke sejumlah program lain. Seperti, pendidikan menengah/pendidikan olahraga dan lain-lain.

Disisi pembangunan pishik dan rehab bangunan, di tahun 2007 dana tersebut sudah digulirkan ke 77 unit sekolah di Sumbar. Termasuk membangun SD dan SMP satu atap—fokus ke daerah-daerah yang banyak anak usia sekolah tapi jarang bangunan sekolahnya. Dengan tujuan, mereka (anak-anak usia sekolah) dapat mengecap pendidikan dan tidak perlu jauh-jauh bersekolah.

” Bagi anak-anak yang memiliki serba keterbatasan (tidak mampu), pemerintah juga telah menyiapkan bantuan operasional sekolah (BOS). Sehingga tidak lagi ada alasan (hambatan) bagi orangtua melarang anak bersekolah lantaran tidak memiliki biaya,” katanya.

Antisipasi lain, bisa juga dengan mengajak para masyarakat mampu untuk berpartisipasi. Karena dalam UU Susdiknas berbunyi: peserta didik wajib menanggung sebagian biaya pendidikan. Target yang bakal dicapai adalah menggratiskan biaya sekolah terhadap mereka yang tidak mampu.

Untuk Sumbar, APK Sekolah dasar (SD) Tahun 2008 sudah mencapai 108 persen—jumlah anak SD dibandingkan jumlah penduduk usia 7 tahun sudah melebihi. Sebuah bukti kalau ada anak berumur dibawah 7 tahun dan diatas 7 tahun masuk SD.

APK SD – SMP, baru 98 persen. Artinya ada masih ada sekitar 2 persen anak usia 7 – 12 tidak bersekolah. Ditengarai mereka yang tinggal di daerah jauh (terpencil/pelosok). Sedang, APK SMP baru mencapai 90,57 persen—masih ada yang tamat SD tidak melanjutkan ke SMP. Jumlah 9,53 persen tersebut diyakini berusia 13 – 15 tahun.

Workshop dilaksanakan dari tanggal 26 – 29 April 2008. Peserta merupakan perwakilah tokoh masyarakat dari 20 Nagari di Sumbar—rata-rata dari daerah yang APK nya rendah. Masing-masing daerah diwakili 3 peserta (Unsur Pemerintahan Nagari, KAN dan Pemuda Nagari). Total peserta berjumlah 60 orang.
 
Ke 20 nagari selaku peserta: Nagari Situak dan Robi Jonggor, (Kabupaten Pasaman Barat). IV Koto Pulau Punjung (Dharmasraya). Muaro Sei Lalo, Labuh Godang, Sei Bremas (Pasaman). Siberut Utara, Sinara (Kepulauan Mentawai). Rangkiang Kiluih, Sepayang, Sarih Bayang (Solok). Lubuk Godang Timur, Lubuk Ulang Aling ( Solok Selatan). Unggan (Sawahlunto/Sijunjung). Punggasan, Air Haji ( Pesisir Selatan). Kubang Landai, Salimpaung (Tanah Datar). Batu Gadang (Padangpariaman). Baringin (Agam).

Selaku nara sumber, didatangkan dari pihak akademisi, tokoh pendidikan, pihak Diknas Pusat, Diknas Sumbar, KNPI, LKAAM dan Konsultan Manajemen (pendidikan) Sumatera Barat. Peserta tadi, diharap bisa mensosialisasikan kembali program diperolehnya ke tengah masyarakat. Dan bisa meningkatkan prosentase kesadaran (kepedulian) wajib belajar di daerah masing-masing.

” Di tahun ajaran baru bulan Juli 2008 nanti, program-program diatas setidaknya bisa terealisasi. APK dan APM per daerah bisa merata. Dan seluruh anak usia belajar harus sudah tersentuh pendidikan,” harapnya.(tos)


0 Responses to “Masih Ada Anak Belum Tersentuh Pendidikan di Sumbar”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: