27
Mar
08

Razia Harus Sesuai Aturan

Ditlantas razia patuh dan sosialisasi pengunaan helm standar di nipahPADANG-Kepala polisi daerah Sumbar Brigjend Pol Ino Suripno mengintruksikan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, supaya lebih meningkatkan pengawasan ke personilnya di lapangan. Hal ini terkait masih adanya keluhan dirasakan para pengguna kendaraan bermotor dalam pelaksanaan razia (operasi) kelengkapan surat – surat kendaraan.

” Awasi secara cermat pelaksanaan razia dilakukan personil dilapangan. Upayakan mereka selalu tetap menjalankannya sesuai aturan. Kalau ketahuan ada oknum yang berlaku menyimpang (diluar ketentuan), langsung tangkap. Tindak tegas dan jatuhi sanksi berat,” ujar Ino dalam acara temu ramah bersama wartawan media cetak dan elektronik di Mapolda Sumbar, Rabu (26/3/2008).

Pernyataan tegas tersebut, bermula dari season tanyajawab Kapolda Sumbar dengan wartawan. Seorang wartawan media elektronik menanyakan, apakah ada aturan baru tentang pelaksanaan razia kelengkapan dan surat-surat kendaraan di jalan. Dimana, pelaksanaan yang sedianya dilengkapi dengan plang pengumuman di dekat TKP serta selalu didampingi seorang personel berpangkat perwira, justru banyak tidak terlaksana.

Naifnya, selain tanpa plang dan seorang perwira, perilaku oknum polantas tersebut justru kerap tidak menyenangkan. Malah (maaf) kerap terlihat seolah menakut-nakuti pengendara dan mencari-cari kesalahan—kendati sudah lengkap.

” Inilah yang menjadi pertanyaan. Apakah pelaksanaan razia yang tidak sesuai aturan (tanpa plang pengumuman) tadi dapat dikatakan legal ? Pasalnya, kalau pun dikatakan illegal sepertinya juga kurang etis. Karena personil tadi mengenakan seragam serta kelengkapan tilang kendaraan bermotor,” tanya si wartawan.

Menjawab itu, Ino menjelaskan bahwa pelaksanaan razia sepertinya masih seperti semula dan tidak ada perubahan. Cuma saja, kalau tidak ada plang pengumuman serta tanpa keberadaan seorang perwira di lokasi jelas tidak benar. ” Makanya, saya minta kepada Dirlantas supaya lebih memantau lagi kinerja personilnya dilapangan. Jangan sampai berlaku dan bertindak diluar ketentuan serta aturan yang ada,” kata Ino.

Apalagi, tambahnya, kalau sampai ada yang mencoba meminta ke pengendara yang kurang lengkap surat-suratnya. “Selagi para personil tadi berlaku diluar ketentuan (merusak citra kepolisian), ganjaran setimpal jelas bakal dikenakan,” pungkas Ino.

Razia kendaraan bermotor sebenarnya merupakan hal positif dan perlu didukung oleh semua pihak. Sebab, melalui razia ini banyak hal yang dapat diantisipasi berkenaan dengan lalulintas dan kendaraan bermotor. Dari sisi lalu lintas, seringnya razia membuat pengguna jalan lebih berhati-hati dan waspada lagi. Dimana, dengan keberadaan petugas, secara represif, warga menjadi segan untuk melanggar aturan.

Apalagi, masih banyak pengguna kendaraan bermotor di jalan raya  yang belum sadar akan sopan santun berlalulintas. Setidaknya dengan ada razia, bisa mematuhi aturan lalu lintas. Sisi lain, adanya razia dapat meminimalisir tingkat kejahatan pencurian sepeda motor. Pencuri akan pikir-pikir dua kali sebelum melakukan aksinya.  Karena seringnya petugas beroperasi di lapangan sedikitnya dapat mengurungkan niatnya.

Razia juga membuat efektif. Dalam menindaklanjuti pelaku Curanmor, meski terkadang pelaku lebih pintar dengan memodifikasi kendaraannya agar dapat mengelabui petugas dan warga pemilik kendaraan. Melalui razia, tentunya petugas akan lebih jeli lagi mengawasi kendaraan bermotor dan memeriksa kejanggalan-kejanggalannya.(tos)


0 Responses to “Razia Harus Sesuai Aturan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: