13
Mar
08

Januari-February, 50 Tersangka Narkoba Dibekuk

Ganja 8PADANG-Sepanjang Januari-Februari 2008, 36 kasus narkotika dan psikotropika berhasil diungkap jajaran Kepolisian Daerah Sumbar. 50 tersangka diciduk. Barang bukti daun ganja kering seberat 19 Kg, sabu-sabu 6,8 gram dan heroin 0,2 gram berhasil disita. 2 dari para tersangka justru berstatus pelajar di SMU dan SMK (Padang). Ranking pelaku masih didominasi Kota Padang dan Bukittinggi.

” Kasus-kasus tersebut ada yang sudah selesai disidik, juga ada dalam taraf penyempurnaan penyidikan dilakukan jajaran Polda dan Polres/ta di Sumbar. Dalam waktu dekat—selesai proses penyidikan, berkas segera diserahkan ke pihak kejaksaan,” ujar Dirnarkoba Polda Sumbar KBP Bambang Hermanto , Selasa(11/3/2008) di Mapolda Sumbar.

Dari urutan per bulan, jelas Bambang, untuk Januari 2008 ditemukan 18 kasus. 22 orang tersangka diamankan—Narkotika 15 tersangka (ganja 14 orang dan Heroin 1 orang) dan Psikotropika  7 tersangka. 19 berkelamin laki – laki dan 3 tersangka perempuan.

Berusia di atas 30 tahun dengan beragam jenis pekerjaan (swasta, mahasiswa dan IRT). Pengungkapan terbanyak dilakukan Polda Sumbar (5 kasus). Urutan kedua, Poltabes Padang (3 kasus). Barang bukti disita; daun ganja kering  3,6 kg, heroin 0,2 gram dan sabu 3,4 gram.

Sedang dibulan Februari 2008, untuk jenis kejahatan psikotropika ditemukan 4 kasus dengan 9 orang tersangka. Barang bukti disita, 4 butir ekstasi dan 3,4 gram sabu-sabu. Narkotika; 14 kasus. Tersangka diamankan berjumlah 19 orang. 15, 4 Kg ganja kering barang bukti disita. 2 diantara pelaku justru pelajar–SMU dan SMK di Kota Padang.

” Untuk diingat, upaya pihak kepolisian memutus mata rantai peredaran narkotika dan psikotropika di ranah minang, tidak hanya sampai disini saja. Karena, ‘perang’ terhadap narkoba akan terus berkelanjutan,” tegas Bambang.

Seluruh komponen masyarakat, tambahnya, justru sangat dimintai ikut berperan aktif dalam penumpasan. ” Terutama, para ninik mamak dan tokoh masyarakat. Kalau ada gelagat mencurigakan—temuan pengedar dan beredarnya narkoba—di lingkungan tempat tinggal, segera laporkan ke polisi,” pungkas Bambang. (tos)


0 Responses to “Januari-February, 50 Tersangka Narkoba Dibekuk”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: