21
Feb
08

UKM Dapat Pinjaman Lunak

PADANG-Kesulitan dana yang kerap dialami para pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Kota Padang—khusus dalam mengembangkan usaha, dalam waktu dekat diyakini bakal teratasi. Pihak Disperindagtamben setempat telah memfasilitasi mereka untuk mendapatkan pinjaman lunak ke beberapa Bank dan BUMD.

” Masing-masing bakal diberikan pinjaman lunak. Tak cuma tanpa anggunan, tenggat pembayaran pun hingga 3 tahun. Untuk bunganya, tentu sangat ringan. Sekitar 0,5 persen per bulan,” ujar Kadisperindagtamben Kota Padang Ir Heryanto Rustam, Kamis (21/2).

Dijelaskan Heryanto, upaya memfasilitasi para pelaku usaha kecil ini, memang sudah lama direncanakan. Melonjaknya sejumlah harga-harga dari bahan baku akhir-akhir ini, membuat mereka mengeluh. Alhasil, selaku pembina, kita pun mulai mengambil sikap. Sejumlah Bank dan BUMD mulai dirangkul dan dimintai bersedia memberikan bantuan.

” Dan Alhamdulillah, usaha tersebut berhasil. Dalam waktu dekat, seluruh pelaku usaha di Kota Padang bakal bernafas lega. Mereka tidak perlu panik lagi dalam mencari tambahan dana segar. Pasalnya bank dan BUMD sudah bersedia memberikan pinjaman lunak plus tanpa anggunan,” katanya.

Di Padang, tambah Heryanto, sedikitnya ada ratusan pelaku UKM. Mulai hari ini, mereka sudah dapat memasukkan proposal bantuan ke Bank Nagari, BRI dan PT Telkom. Tentunya dengan melampirkan data konkrit dan benar tentang usaha yang dijalani. Besarnya bantuan yang bakal dicairkan nanti bakal disesuaikan dengan data serta kemampuan pembayaran dari UKM itu sendiri.

” Intinya, bagi mereka yang masih kurang mengerti mengenai tata caranya diminta untuk mendatangi kantor Disperindangtamben Padang. Dengan senang hati, pihak kami bakal membantu serta memfasilitasi mereka kepada pihak bank dan BUMD tersebut,” pungkas Heryanto.

Percepat Pencairan Pinjaman

Sejumah UKM di Padang terlihat sangat berterima kasih dengan adanya program di atas. Namun, mereka berharap kalau fasilitas tadi ditambahkan lagi dengan percepatan pencairan pinjaman lunak tersebut.

” Saya justru sangat berharap seperti itu. Soalnya, saya pernah mendengar dari teman-teman. Kalau ada pinjaman lunak apalagi tanpa bunga, pencairan dananya pasti lama. Bisa mencapai 4 – 5 bulan baru kita peroleh. Terlepas benar atau tidaknya kabar tadi, saya justru berharap isu ini jangan sampai terjadi,” ucap Kamal (44) pemilik usaha Kerupuk Merah di jalan Koto Baru Sungai Bambu Lubuk Begalung Padang.

Dalam program kali ini, aku Kamal, dirinya juga sudah memasukkan proposal pinjaman. ” Semula, saya dapat keterangan dari pihak Disperindagtamben. Kemudian saya ke BRI Padang. Proposal tadi pun akhirnya disetujui. ” Yah, lumayanlah. Bisa untuk menambah modal usaha,” tuturnya.

Menurut Kamal, usaha kerupuk merah miliknya berlabel ‘Cahaya Baru’ sudah digelutinya puluhan tahun. Dalam pengelolaan, ia pun dibantu 5 orang pekerja. Produk tersebut dijual ke pasar raya dan sejumlah pasar-pasar kecil (rakyat) di Kota Padang. Omset yang diperoleh cukup memuaskan. Rata-rata mencapai Rp 2 juta per hari.(tos)


6 Responses to “UKM Dapat Pinjaman Lunak”


  1. 1 azmi
    Mei 23, 2008 pukul 2:14 am

    Sebelumnya saya terima kasih telah di beri informasi yang sangat penting. Dulu saya pernah pinjam dana dari kantor lurah. katanya juga dana pemerintah dan kayaknya hampir sama dengan pinjam BRI ini. cuma kendalanya sampai saat ini gak keluar-keluar dananya. dan saya pun sangat kecewa dengan itu. pokoknya banyak hal masih saya tidak saya senagi termasuk birokrasi yang sangat bertele-tele.

    Barusan tadi saya dengar dari tetangga dan kebetulan dia mak comblangnya memberitahu bahwa di BANK BRI dapat meminjam pinjaman lunak dan tidak bertele-tele. tapi sayang nya informasi yang dia berikan tidak sesuai dengan Bapak berikan. contoh soal bunga dia mengatakan 1.1% sedangkan Bapak 0.5%. kemudian setelah dapat pinjaman di potong 300 ribu untuk si mak comblang. Tentu itu sangat tidak menguntungkan kita. Makanya saya sangat berterima kasih dengan informasi Bapak.

    memang saya sangat membutuhkan dana untuk usaha rental komputer dan ATK yang masih kekurangan dana untuk pembelian komputer. yang saya tanyakan ke BRI mana kita harus mendaftar. Apakah semua BRI bisa.

    Kemudian bisa gak saya minta contoh Proposal Bapak sebagai contoh acuan saya. Rencana Pinjaman saya sekitar 5 juta. Mohon yaa Bantuan Bapak. Email saya : azmi_zahlul@yahoo.com

  2. Desember 17, 2008 pukul 4:09 pm

    katanya pemerintah memberi kredit untuk ukm, lewat bank mana? saya juga punya usaha membuat alat musik gitar, saya belum pernah mendapatkan kredit ukm dari pemerintah

  3. Januari 7, 2009 pukul 11:52 am

    Saya seorang wiraswastawan kecil di bidang computer. Saat ini sangat membutuhkan dana untuk perluasan usaha mengingat kondisi usaha saya yg kian berkembang.

  4. 4 Mieske Yunita
    Maret 10, 2009 pukul 10:20 am

    saya adalah seorang guru yang ingin mempunyai usaha jemputan sekolah mengingat di sekolah saya sudah banyak anak2 yang membutuhkan mobil jemputan…bagaimana persyaratannya untuk memperoleh pinjaman dari BRI?trims

  5. 5 ahmad faizin
    Juli 14, 2010 pukul 4:58 am

    tanjung perak tepi laut…
    siapa juga boleh ikut/………

  6. 6 Yanny Helmi Lidya
    Juli 16, 2010 pukul 3:45 am

    Saya mempunyai usaha jualan ayam potong milik orang tua saya , sudah lama sekali keluarga saya menjalankan jualan ayam potong tersebut , dan saya berkeinginan sekali untuk mengembangkan usaha ayam potong milik orang tua saya , bagaimana kah persyaratannya untuk mendapatkan pinjaman dari BRI untuk pengembangan usaha milik orang tua saya. Perlu saya beritahu bahwa orang tua saya juga sudah punya SIUP dan NPWP , sedangkan saya sekarang ini bekerja pada Perusahaan Swasta di bagaian Staff Accounting PT.HOnda Motor 99 Surabaya. Posisi saya dan usaha ada Di surabaya


Tinggalkan Balasan

