07
Jan
08

593 Personel Polda Sumbar Terlibat Sejumlah Perkara

PADANG-Kurun waktu dua tahun (2006 – 2007), 593 oknum polisi di jajaran Polda Sumbar terlibat sejumlah perkara. Mulai dari kasus pidana, disiplin hingga tata tertib kepolisian. 6 diantaranya justru telah ditindak tegas (pecat).

Kapolda Sumbar melalui Kabid Humas AKBP Djoko Erwanto mengungkapkan; total jumlah perkara (perbandingan) dari dua tahun tadi justru meningkat. Di 2006: oknum polisi berkasus hanya 285 orang. Sedang di 2007: bertambah menjadi 298 personil. Dalam artian terjadi peningkatan sekitar 13 kasus.

” Untuk 2006; 43 oknum polisi di jajaran Polda terlibat kasus Pidana, 223 oknum tersandung kasus Disiplin, 15 bermasalah dalam Tata Tertib dan 4 orang dijatuhi sanksi Pecat (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat/PTDH oleh Komisi Kode Etik Profesional),” ungkap Djoko, Senin (7/1) di Mapolda Sumbar.

Sedang di 2007, terangnya, 33 oknum terlibat perkara Pidana, 198 orang tersandung kasus Disiplin, 65 bermasalah dalam Tata Tertib serta 2 orang oknum polisi dipecat. ” Mereka yang dipecat rata-rata berpangkat bintara dalam kasus pidana. Untuk 2006; personil yang dipecat bervariasi. Ada yang bertugas di Polda Sumbar serta di Polres/Polsek dilingkup Polda Sumbar. Sedang yang baru-baru ini (2007 lalu), dua oknum dipecat dilingkup Polres Dharmasraya dan Solok Selatan,” jelasnya.

Menyoal yang lainnya—terlibat kasus dalam 2006/2007, kabid humas menuturkan kalau perkara mereka masih serta tengah ditangani penyidik dari kepolisian jajaran Polda Sumbar. ” Seluruh file mereka (penyidikan yang selesai) sudah dikirim ke Mabes Polri. Polda Sumbar sekarang cuma menunggu turunnya keputusan. kalau memang nantinya turun sanksi tegas. Kesimpulannya, tidak menutup kemungkinan mereka yang bermasalah—selain yang 6 dipecat—bakal menerima nasib sama (dipecat). Yang pasti, di 2008 ini Polda Sumbar jelas bakal memperketat pengawasan internal ke para personel dijajarannya,” pungkas Djoko. (tos)


0 Responses to “593 Personel Polda Sumbar Terlibat Sejumlah Perkara”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: